Thursday, June 20, 2013

Tips Keamanan Jaringan Wireless

 MADE IN HUMAN.
Sering kali terjadi suatu kasus pada jaringan wireless. Baik itu hacking, Spoofing maupun pembuatan fake login dengan mudah dilakukan lewat jaringan ini yang lebih sering kita sebut dengan wifi. Banyak orang berfikir bahawa jaringan wireless lebih aman dari pada jaringan lainnya. Namanya juga
In my first post, Saya akan memberikan solusi mengamankan jaringan wireless anda.

1. Gunakan enkripsi keamanan
Tetap gunakan password. Jangan sekali-sekali tidak membuat password untuk jaringan anda. Ini berguna untuk mempersulit gerak Si cackers. Dalam hal ini, gunakan jenis enkripsi yang terbaru, yaitu WPA2 karena dalam proses crack-nya seorang cracking harus login dahulu, sehingga ini bisa mempersulit si cracker daripada menggunakan enkripsi WEP yang hanya memerlukan paket data saja.

2. Apabila anda memang harus menggunakan WEP(dalam hal ini belum ada WPA), rutinlah mengganti WEP tersebut secara berkala.

3. Gantilah semua setting deafult, mulai dari username, password, SSID, dan IP address.

4. Gunakan enkripsi yang lebih besar, jangan terpaku menggunakan enkripsi 64 bit.

5. Untuk Password jangan gunakan kata-kata yang sering digunakan sehari-hari. kombinasikan angka, simbol, tanda baca, dan lain-lain.

6. Sembunyikan SSID, walaupun dapat di cari, ini sama seperti langkah pertama guna memperlambat gerak sang Cracker.

7. Aktifkan MAC Address Filtering sehingga anda mengetahui siapa saja komputer yang dapat mengakses jaringan wireless anda

8.Jika acces point atau wireless router anda gunakan menggunakan frimware baru, terdapat fitur pengamanan yang lebih mantab, seperti CaptivePortal atau yang lainnya pada inject frimware anda.

9. Firewall sangan berguna. aktifkan firewall anda

10. Ketahui koneksi yang ada pada jaringan anda dengan access point yang memilii fasilitas log.

Masih banyak lagi cara yang dapat membuat jaringan wireless anda tetap aman. Untuk itu langkah diatas dapat dilakukan untuk mengamankan jaringan anda. Matikanlah fitur sharing anda jika anda sebagai klien wireless.Hindari hal-hal yang mencurigakan dalam jaringan tersebut jika anda menggunakan password untuk memasuki situs tertentu.
Sekian dari saya, Semoga bermanfaat. :)

1 komentar:

This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More